Rencana Allah Pasti Baik dan Indah

Ketika aku masih kecil, waktu itu ibuku sedang menyulam sehelai kain. Aku yang sedang bermain di lantai, melihat ke atas dan bertanya, apa yang ia lakukan. Ia menerangkan bahwa ia sedang menyulam sesuatu di atas sehelai kain. Tetapi aku memberitahu kepada beliau, bahwa yang aku lihat dari bawah adalah benang ruwet.

Ibu dengan tersenyum memandangiku dan berkata dengan lembut, “ Anakku, lanjutkan saja permainanmu, sementara ibu menyelesaikan sulaman ini. Nanti setelah selesai, kamu akan ibu panggil dan ibu dudukkan di atas pangkuan ibu dan kamu dapat melihat sulaman ini dari atas”.

Aku heran, mengapa ibu menggunakan benang hitam, putih, hijau, merah, kuning, warna warni, begitu semrawut menurut pandanganku. Beberapa saat kemudian aku mendengar ibu memanggil, “Anakku, mari ke sini dan duduklah di pangkuan ibu!”

Waktu aku lakukan itu, aku heran dan kagum melihat bunga-bunga yang indah dengan latar belakang pemandangan matahari yang sedang terbit, sungguh indah sekali. Aku hampir tidak percaya melihatnya karena dari bawah yang kulihat hanyalah benang-benang yang ruwet. Kemudian ibu berkata, “Anakku, dari bawah memang nampak ruwet dan kacau, tetapi engkau tidak menyadari bahwa di atas kain ini sudah ada gambar yang direncanakan, sebuah pola, ibu hanya mengikutinya. Sekarang dengan melihatnya dari atas kamu dapat melihat keindahan dari apa yang ibu lakukan”.

Sering selama bertahun-tahun, aku melihat ke atas dan bertanya kepada Allah, “Allah, apa yang Engkau lakukan?” Ia menjawab, “Aku sedang menyulam kehidupanmu”. Dan aku membantah, “Tetapi nampaknya hidup ini ruwet, benang-benangnya banyak yang hitam, mengapa tidak memakai warna yang cerah semuanya?” Kemudian Allah menjawab, “ Hambaku, kamu teruskan pekerjaanmu dan Aku juga menyelesaikan pekerjaanKu di bumi ini. Suatu saat nanti Aku akan memanggilmu ke surga dan mendudukkan kamu di pangkuanKu yang indah dari sisiKu”. Subhanallah…

Dan katakanlah : “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan”. (QS 9’105)

Beruntunglah orang-orang yang mampu menyaring ayat-ayat indah dari keruwetan hidup di dunia ini. Semoga Allah berkenan menumbuhkan kesabaran dan mewariskan kearifan dalam hati hamba-Nya agar dapat memaknai kejadian-kejadian dalam perjalanan hidup, seruwet apa pun itu.

Allah adalah Dzat yang Yang Maha Pengatur segala sesuatu di alam ini. Kendati manusia punya keinginan, tetapi Allah yang mempunyai keputusan. Untuk itu mari berusaha yang terbaik dan bertawakal kepada-Nya.

“…boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui” (QS 2:216)

Rasulullah bersabda :
“Barang siapa memperbanyak istighfar, maka Allah akan melapangkan setiap kesusahannya, memberi jalan keluar setiap kesukarannya, dan member rizki tanpa diduga-duga”. (HR Abu Dawud dan Nasa’i)

“..barang siapa bertagwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya…” (QS 65:2-3)

0 Response to "Rencana Allah Pasti Baik dan Indah"

Posting Komentar